Minggu, 04 Februari 2018

081291703755, wine coffee, wine coffee adalah, kopi


wine coffee, kopi aceh, kopi gayo, wine coffee adalah, wine coffee aceh, wine coffee adalah, wine coffee gayo


Kopi Gayo merupakan varietas kopi arabika yang menjadi salah satu komoditi unggulan yang berasal dari Dataran tinggi Tanah Gayo Provinsi Aceh.

Kopi Gayo telah mendapat Fair Trade Certified dari Organisasi Internasional Fair Trade, Kemudian pada Event Lelang Special Kopi Indonesia tanggal 10 Oktober 2010 di Bali, kembali Kopi Arabika Gayo memperoleh peringkat tertinggi saat cupping score.

Nah, saat ini, dari dataran tinggi Gayo, muncullah sebuah kopi unik yang menrupakan mahakarya dari roaster lokal, yaitu wine coffee atau masyarakat sering menyebutnya dengan kopi wine.
Kopi Wine adalah kopi sejenis Arabica yang ditanam di dataran tinggi Takengon, Aceh. Ditanam dari ketinggian 1500m di atas permukaan laut. Coffee Wine bukanlah kopi yang di campur wine tetapi biji kopi pilihan yang di petik tanpa dikupas cangkangnya kemudian difermentasikan dalam waktu yang lama. Biji kopinya berbentuk lonjong dengan berwarna coklat muda setelah Wine ini rasanya memang susah dilupakan karena punya rasa yang kuat. Rasanya lebih lama tertinggal di lidah. Kekuatan rasa kopi ini terletak pada rasa asam yang dominan, ada sedikit rasa manis dan pahit. Dari aromanya saja sudah membuat kita bisa berpikir, apalagi menyicip rasanya?

Proses Pengolahan Kopi Wine Dimulai dari biji gelondong yang sudah matang dijemur berikut kulit merahnya di terik matahari selama 4-5 jam, lalu dibungkus dan ‘diperam’ atau disimpan selama 4-5 hari. Langkah serupa dilakukan dua kali. Setelah itu dilakukan penjemuran kembali sampai benar-benar kering. Proses berikutnya mengupas kulit kopi dengan alat penggiling kopi, untuk mendapatkan gabah lalu dijemur kembali dan setelah kering benar baru digiling kembali untuk mendapatkan biji kopi hijau atau ‘green bean.’Berikutnya kopi siap diroasting atau “digongseng” dan siap dijadikan bubuk untuk selanjutnya diseduh dan siap diminum.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar